Senin, 15 Maret 2010

PROPOSAL PELATIHAN JURNALISTIK

LATAR BELAKANG

Pengembangan pendidikan di Indonesia saat ini menunjukkan kenaikan yang sangat pesat dibandingkan saat akan dimulainya Repelita Pertama. Pemerintah telah melakukan banyak usaha untuk meningkatkan berbagai sarana, prasarana pendidikan, pemerataan kesempatan belajar serta peningkatan Sumber Daya (SDM) tenaga edukatif.

Meningkatnya mutu pendidikan ini merupakan indikasi meningkatnya Sumber Daya Manusia masyarakat Indonesia. Peningkatan Sumber Daya manusia pada dasarnya berkaitan erat dengan meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Indikasi anggota masyarakat yang memiliki sumber daya manusia yang baik antara lain terungkap melalui kemampuan dan keterampilan melakukan “Penelitian Demi Pengembangan Masyarakat”. Penelitian dalam bidang ilmu sosial pada dasarnya dilakukan dengan tujuan merumuskan dan menjelaskan suatu persoalan sosial secara benar dan tepat dengan mengggunakan metode tertentu yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kemampuan melakukan penelitian ini perlu dimiliki juga oleh para pelaku jurnalistik sehingga dapat melaksanakan kegiatan tulis-menulis berdasarkan isu atau persoalan konkrit (fakta) yang dialami. Kegiatan jurnalistik berbasis riset seperti ini dapat memposisikan secara tepat jurnalistik sebagai agen perubahan dan kemajuan masyarakat.

Bertitik tolak dari peranan jurnalistik sebagai agen perubahan dan pembaharuan sosial ini maka, pelatihan jurnalistik dengan tema “Pengembangan Metodologi Jurnalistik Berbasis Riset” dipandang penting.

1 komentar:

  1. mantap, mohon masukan, kita juga mau mengadakan pelatihan jurnalis, mohon masukan nya:

    http://www.kotagambut.org/

    BalasHapus